TUGAS
SAINS SEKOLAH
“LEMBAR
KERJA SISWA ( LKS )”
Materi
KD 3.7
Nama : Nindy
Silvia Melyasari
NIM : 12030654022
Prodi : Pendidikan
Sains A 2012
UNIVERSITAS
NEGERI SURABAYA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN
PRODI PENDIDIKAN
SAINS
2014
Kompetensi Dasar :
3.7 Memahami
konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor,dan penerapannya dalam
mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan serta dalam
kehidupan sehari-hari.
MEMBUAT
SKALA PADA TERMOMETER ZAT CAIR
A. Tujuan :
Peserta didik dapat membuat skala suhu, melakukan
pengukuran suhu dengan termometer skalanya, serta
membandingkannya secara pengukuran dengan termometer skala suhu yang
telah dikenali.
B. Alat
dan Bahan :
1. Termometer raksa atau alkohol yang
belum diberi skala suhu 1
buah
2. Termometer raksa atau alkohol yang sudah ada skala suhu 1 buah
3. Bejana A berisi es yang sedang melebur 1 buah
4. Bejana B berisi
air sumur / ledeng 1
buah
5. Bejana C berisi air yang sedang mendidih 1
buah
6. Pemanas spiritus 1
buah
7. Kaki tiga 1
buah
8. Kasa kawat 1
buah
9. Spidol atau benang berwarna 1
buah
10. Kertas
millimeter 1
lembar
C. Metode
Percobaan :
1. Mencelupkan termometer tanpa skala dalam
bejana A yang berisi es sedang melebur.
2. Menunggu beberapa saat. Setelah raksa
dalam pipa termometer berhenti bergerak turun, tandai letak permukaan raksa
dalam pipa dengan spidol atau benang! Tempat ini dinamakan titik tetap bawah.
3. Memanaskan air dalam bejana C dengan pemanas spiritus sampai air dalam bejana itu
mendidih!
4. Mencelupkan termometer tanpa skala ke
dalam bejana berisi air yang sedang mendidih.
5. Menunggu beberapa saat. Setelah raksa
dalam pipa berhenti bergerak, tandailah letak permukaan raksa dalam pipa dengan
spidol. Titik itu dinamakan titik
tetap atas.
6. Mengukur bejana
B yang berisi air sumur / ledeng menggunakan thermometer tanpa skala dan menandai
raksa dalam pipa saat berhenti bergerak.
7. Menggambarkan titik tetap atas dan
titik tetap bawah pada kertas milimeter blok. Kemudian membagi skalanya menjadi
100 bagian dengan bagian-bagian yang sama.
8. Kita sudah membuat skala termometer
sesuai skala buatanmu.
9. Kemudian mengukur suhu air dingin ( es
), suhu air sumur / ledeng dan suhu air panas dengan menggunakan termometer skalamu sendiri juga dengan
termometer yang sudah ada skalanya.
10. Catat hasilnya dalam tabel dan
bandingkan hasilnya.
D. Data dan Analisis
No.
|
Jenis air
|
Skala pada termometermu
( o C
)
|
Skala termometer laboratorium
( o C
)
|
1.
|
Air dingin ( es )
|
5
|
4
|
2.
|
Air sumur / ledeng
|
30
|
27
|
3.
|
Air panas
|
60
|
65
|
Analisis :
Saat mengukur suhu air dingin menggunakan thermometer
sendiri ( belum diberi skala ) maka didapatkan hasil suhu yaitu 5oC,
sedangkan saat mengukur suhu air dingin menggunakan thermometer laboratorium (
sudah berskala ) maka didapatkan hasil suhu yaitu 4oC. Saat mengukur
suhu air sumur / ledeng menggunakan thermometer sendiri ( belum diberi skala )
maka didapatkan hasil suhu yaitu 30oC, sedangkan saat mengukur suhu
air sumur / ledeng menggunakan thermometer laboratorium ( sudah berskala ) maka
didapatkan hasil suhu yaitu 27oC. Dan pada saat mengukur suhu air
panas menggunakan thermometer sendiri ( belum diberi skala ) maka didapatkan
hasil suhu yaitu 60oC, sedangkan saat mengukur suhu air panas
menggunakan thermometer laboratorium ( sudah berskala ) maka didapatkan hasil
suhu yaitu 65oC. Hal ini sudah terjadi kesesuaian pengukuran suhu /
perbedaan yang kecil antara mengukur
dengan thermometer tanpa skala dan dengan thermometer menggunakan skala.
E. JAWABAN DISKUSI
1. Mengapa cairan yang digunakan dalam
termometer sering menggunakan air raksa atau alkohol? Jelaskan dengan logis menurut
pendapatmu dikatkan dengan teori yang ada?
Air raksa dan alkohol memiliki
koefisien muai volume yang besar. Sehingga sangat mudah memuai apabila
dipanaskan.
2. Berapa suhu terbawah dan suhu teratas
pada skala termometer buatanmu? Cobalah buat perbandingan antara skala buatanmu
dengan skala Celcius!
Skala termometer pada masing-masing
kelompok bisa berbeda. Namun perbandingannya harus sama atau mendekati
perbandingan skala termometer yang sudah ada.
3. Bagaimanakah hasil pengukuran terhadap
air dingin, sumur/ledeng, dan panas dengan menggunakan termometer skalamu dengan termometer
laboratarium yang sudah ada skalanya? Apakah sama atau terdapat perbedaannya?
Apabila terdapat perbedaan, jelaskan mengapa hal tersebut bisa terjadi !.
Prediksi siswa bisa berbeda namun hasil
yang diharapkan adalah “hasil pengukuran suhu air panas dengan menggunakan
termometer skala sendiri sama dengan hasil pengukuran suhu air panas dengan
menggunakan termometer skala Celcius. Begitu pula dengan suhu air dingin dan air sumur / ledeng.
F. KESIMPULAN
Terjadi kesesuaian pengukuran suhu / perbedaan yang
kecil antara mengukur dengan thermometer
tanpa skala dan dengan thermometer menggunakan skala.
G. Daftar
Pustaka
Widodo,
Wahono dkk. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam
SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kanginan,
Marten. 2004. FISIKA untuk SMP kelas VII. Jakarta : Erlangga.
terimakasih kakak postingnya. membantu saya menulis laporan :)
BalasHapus